Berapa Sih Jumlah Pemain Dangdut Dan Apa Saja Alat Musik Yang Dimainkannya

Pernahkan anda  berpikir saat menonton pertunjukan live musik khususnya pertunjukan musik dangdut, saat mereka beraksi dipanggung anda iseng menghitung jumlah para pemain musiknya juga memperhatikan alat musik yang dimainkannya..?  He ya sepertinya hal itu mungkin tidak penting-penting amat,  ngapain menghitung jumlah pemain, karena tentunya saat kita menonton pertunjukan musik dangdut intinya kita menikmati musik yang mereka sajikan, atau mungkin yang lebih penting fokusnya hanya memperhatikan penyanyinya yang cantik dan sensual..? Hee..

Ya mungkin tidak penting untuk mengetahui jumlah para pemain dalam sebuah group dangdut berikut alat musik apa saja yang mereka mainkan, namun disini saya mau sharing tentang hal tersebut sepanjang yang saya ketahui, mohon maaf bila ada kekurangan, anda bisa menambahkan berkomentar, bila anda banyak mengetahui tentang sharing tema diatas.

Pemain berikut alat musiknya yang paling menonjol dikelompok group dangdut adalah Tabla atau Tamtam, adalah alat musik yang mutlak harus ada dalam kelompok group dangdut, dimainkan oleh seorang pemain, alat ini menjadi ciri khusus dari style musik dangdut karena istilah dangdut itu sendiri diambil dari bunyi tabla ukuran gendang yang ukurannya agak besar saat dipukul bunyinya "dut", dan menurut saya bukan musik dangdut kalau latar belakang musiknya tidak ada bunyi tabla, walaupun lagunya lagu dangdut. Diperkembangan musik dangdut seperti  jenis dangdut koplo posisi tabla bisa sementara diganti atau diisi dengan alat musik kendang (alat musik sunda), namun bisa juga dangdut koplo masih diisi dengan Tabla

Suling Bangsing, dari cara posisi memainkanya alat musik ini seperti alat musik flute, namun alat musik flute terbuat dari logam sedangkan suling bangsing terbuat dari bambu, dan sepertinya suling bangsing sebagai alat musik yang harus ada di musik dangdut spertinya kurang sip kalo musik dangdut ga ada suara suling bangsingnya.

Tamborin atau diantara pemusik dangdut jawa barat alat ini disebut kecrek, dengan pola ritmik yang teratur serta konstan terus-menerus alat musik ini dimainkan dari awal lagu hingga akhir lagu.
Sampai disini menurut saya sepertinya ketiga alat musik diatas icon nya alat musik dangdut dan penanda ciri khas musik dangdut karena alat musik yang akan saya sebut berikutnya adalah alat musik yang biasa juga dipakai dijenis musik yang lain seperti  musik band.

Keyboard, ya alat musik ini umum dipakai di jenis musik apapun, dan salah satunya dimainkan di kelompok musik group dangdut, alat ini menjadi kebutuhan yang penting apalagi dikondisi sekarang alat musik ini didukung dengan kemampuan teknologi digital yang mumpuni punya berbagai jenis suara untuk kebutuhan bermain musik.

Gitar elektrik alat musik yang sudah dikenal umum, ada dua pemain biasanya yang memainkan gitar di sebuah group dangdut, gitar satu berfungsi sebagai melodi dan gitar dua berpungsi sebagai rhythm.

Bass Elektrik, alat musik ini sangat vital sekali saat pembentukan warna musik yang dihasilkan di musik dangdut, perpaduan pola permainan bass dan pola permainan tabla akan menghasilkan pola permainan yang khas, contoh pukulan tabla dan pola permainan bass akan berbeda saat memainkan dangdut koplo dengan memainkan lagu dangdut yang bukan koplo.

Mandolin dan Drum, alat musik ini menurut saya keberadaanya di sebuah kelompok group dangdut  kadang ada yang memakainya atau juga tidak,
Drum biasanya dipakai di group dangdut yang lebih modern, lagu yang mereka bawakan lagu dangdut tipe rock, dimana kadang dibagian tertentu sebuah lagu posisi tabla dalam beberapa bar digantikan dulu dengan hentakan suara drum ditunjang dengan sound gitar distorsi.

Alat lain yang ada atau ga ada dalam sebuah group dangdut adalah Mandolin, gitar kecil berdawai empat, mumgkin karena hanya lagu lagu tertentu yang membutuhkan alat musik ini, hingga kurang diperhitungkan.
Contoh group dangdut yang komplit sekali alat musiknya adalah group soneta pimpinan raja dangdut oma irama, semua alat musik yang saya paparkan diatas, semuanya ada di group tersebut, malahan di group soneta selain alat musik tiup suling bangsing ada juga alat tiup Saxophon yang biasanya alat musik ini lebih banyak dipakai oleh group band.
Demikian yang saya ketahui tentang formasi pemain berikut alat musik yang mereka mainkan pada sebuah group dangdut, jadi kira-kira berapa ya jumlah pemain disebuah group dangdut berikut alat musiknya..? ya mungkin anda bisa memperkirakannya sendiri hee.
Kurang lebihnya saya mohon maaf dan bila ada yang lebih tahu atau mau menambahkan silahkan sharing dikolom kementar.

Post a Comment for "Berapa Sih Jumlah Pemain Dangdut Dan Apa Saja Alat Musik Yang Dimainkannya"